Sabtu, 07 April 2012

motivasi diri tengah malam

motivasi diri di tengah malam :)

by Aisyah Rendusara on Monday, March 14, 2011 at 12:07am ·

capek, dan bingung.
ini adalah gambaran yang pas yang gue rasain saat ini.
yah walaupun sebenernya satu fase udah gue lewatin, yaitu UAS. tapi tetep aja, besok sampe Kamis depan gue masih harus ujian praktek, dua minggunya lagi baru UN, abis itu sibuk buat snmptn .

ngomongin soal SNMPTN , sekarang sistemnya udah berubah dan ada yang namanya jalur undangan. nah jalur undangan inilah yang bikin bingung gue dan temen temen gue. banyak yang terombang ambing dalam milih jurusan. semua pada sibuk konsul, ganti ganti jurusan, ganti ganti universitas, dan yang paling parah sampe ganti cita cita !

hal yang terakhir juga udah sempet gue alamin pas kelas 3 ini. dari kecil, gue punya banyak cita cita, mulai dari profesor, jadi insinyur pertanian, sampe akhirnya mau jadi dokter. cita cita yang terakhir ini bertahan sampe kira kira seminggu sebelum ppkb UI waktu itu. pas ppkb UI, dalam sekejap aja, cita cita gue berubah : gue mau jadi sarjana teknik, bikin perusahaan listrik atau telekomunikasi sendiri, dan itu berarti gue harus masuk fakultas teknik!
jadi gue banting setir, dari kedokteran jadi teknik, dari mau ngurusin orang sakit sampe mau ngbenerin kabel listrik.

gue juga ngeliat banyak banget temen temen sesama kelas 3 yang juga pada bingung, mau tetep pada jurusan yang dia inginkan atau pada jurusan yang memungkinkan. mau jadi akuntan, tapi nilai akuntansi jelek. mau jadi dokter, tapi biologi remed melulu. mau jadi guru olahraga, tapi roll depan sama roll belakang aja takut.

but life is choice. . jadi gue harus memilih, kita harus memilih. dan pilihan itu harus sesuai dengan kata hati kita. dimana kita ngerasa nyaman dengan suatu pelajaran, disitu kita bisa belajar dengan baik. itu prinsipnya. jadi, meskipun bilogi remed terus belum tentu kita gak bisa jadi dokter, atau meskipun nilai fisika ancur, belum tentu kita gak bisa masuk teknik kan.

yang jelas, jangan sampe kita menyesal dengan keputusan yang kita buat sendiri. well, saat ini gue hanya bisa berharap keputusan yang gue ambil bener, keputusan yang kita ambil bener, dan Tuhan melancarkan usaha kita.

belajar. adalah salah satu usaha yang selalu gue dan temen temen gue lakuin belakangan ini. sebagai anak kelas 3, kita gak mau kalah saing sama siapapun. kita harus tembus snmptn, baik jalur undangan ataupun tertulis. yap semangat seorang Habibi tengah membara di dada kita. tapi dibalik itu semua, ternyata gue , dan mungkin kalian, ngerasain ketakutan yang luar biasa dan berbagai pikiran buruk menghantui.

 gimana ya kalo gak lulus? gimana ya kuotanya cuma dikit lagi? gimana ya kalo gak keterima? gimana ya kalo ga masuk itb, ui, atau ugm? gimana ya fikom banyak banget saingannya? nilai gue jelek lagi gimana mau lulus undangan? gimana ya , gimana yaaa... ?  (sesungguhnya setan sedang menggoda pikiran kita saat ini)

pikiran pikiran begini nih yang bikin gue sama temen temen kadang jadi gak fokus belajar. kalopun udah belajar, sebentar aja juga lupa lagi. padahal pikiran buruk ini semakin kita pikirin akan semakin besar peluang nya untuk terjadi. karena apapun yang terjadi pada setiap orang adalah apa yang dipikirkannya. kalo gue pikir, gue akan gagal, ya gue akan gagal. tapi kalo gue pikir, gue akan lulus, ya gue akan lulus.makanya motivasi dan sugesti dari diri sendiri adalah hal yang sangat penting.

 You are good.  but truthfully, I am the best. and I'm gonna be the winner, yes I am the winner.

percaya sama diri kita sendiri kalo kita lebih baik. kalo mereka bisa, berarti kita lebih bisa dari mereka. kalo mereka hebat, kita yang paling hebat. begitu seterusnya, dan yakinlah bahwa diri kita adalah pemenangnya. pemenang yang bakalan lulus snmptn, dan diterima di ptn yang kita pengen. amin .

saat saat seperti ini, gak ada lagi orang yang bisa motivasi diri kita selain diri kita sendiri, gak ada yang peduli sama kita selain diri  kita sendiri, bukan? dan jika pada saatnya semua orang , bahkan sahabat terbaik kita, menjadi egois dan tidak peduli pada kita, masih ada yang peduli sama kita : yaitu diri kita sendiri.

tapi hidup gak semudah membalikkan telapak tangan. teori masih terlalu jauh untuk digapai, gampang untuk bicara tapi sulit untuk berbuat.tapi jangan takut untuk menghadapi tantangan , karena bukan hidup namanya kalo gak ada masalah. perlu perjuangan dan pengorbanan untuk bisa tetap hidup dan menjadi pemenang. but trust me, we can do it.

life is hard, so what ?!

hadapin aja hidup yang keras ini. kalo hidup ini sekeras baja, maka kita adalah sinar gamma yang bisa nembus baja. kalo hidup ini secepat angin, maka kita adalah anemometer. kalo hidup segelap malam, maka kita adalah matahari yang menghapus malam. jadi seberapa beratnya hidup, kita bakalan bisa mengangkatnya. seberapa kejamnya hidup, kita bisa mengalahkannya.

percayalah, sesungguhnya sesudah kesulitan itu pasti ada kemudahan, itu adalah firman Allah dalam Al-Quran.

oleh karena itu , seberat apapun hidup, ataupun sesusah apapun soal snmptn nanti,kita pasti bisa mengalahkannya.
and say to everyone:

hey i have big problems, but I never worry, because I always have a Big God that always helps me.

dan yang terakhir,
Tuhan, dengan segala kuasanya , gak akan pernah ninggalin umatnya yang bertaqwa.

bismillah , semoga kita sukses menghadapi ujian praktek besok, dan sukses UN, dan lulus SNMPTN, dan semoga semuanya diridhoi oleh Allah SWT.


13 maret 2011_

tulisan ini gue buat ketika gue mau menghadapi UN, SNMPTN, dan bingung mau milih jurusan apa. ini gue copy kesini, siapa tahu aja bisa memotivasi adik adikku yang mau masuk kuliah.
semangat!
kalian pasti bisa ! :D

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

speak out time