Skip to main content

Kersos 2012

Hyaah
oke, kali ini gue bakal bercerita tentang event Teknik yang SERU dan ASIK dan MEMBAHAGIAKAN banyak orang..

that is KERSOS 2012.
dengan jargon : Berbagi Kasih, Beragam Kisah

Jadi, kersos itu adalah kependekan dari KERJA SOSIAL.
ini merupakan proker tahunan gitu di teknik. 
kersos itu intinya sih, kita melakukan kerja sosial untuk membantu suatu masyarakat tertentu yang emang lingkunganya masih banyak kekurangan. Jadi, kersos merupakan salah satu proker pengabdian masyarakatnya anak Teknik. Di kersos, kita , mahasiswa teknik, membuktikan bahwa mahasiswa memang punya tanggung jawab sosial pada masyarakat.

Selain itu, kersos juga jadi ajang kumpul satu teknik, 
jadi salah satu ajang yang membuktikan bahwa teknik itu SOLID dan KONKRET. 

Dan baru kali ini, semenjak saat PPAM gue sering disebutin bahwa " Teknik itu solid dan konkret" , 
baru setelah saat kersos ini gue bener bener merasa bahwa teknik itu solid dan konkret. :D
Jadi, gue bener bener bangga sama anak Teknik dan bener bener merasa bisa nyatu satu teknik pas Kersos ini :D

Kersos pertama yang gue ikutin ini berlokasi di Desa KiaraSari. Sebuah desa di nun jauh di Bogor sana. Perjalanan yang harus ditempuh ke desa ini sangat jauh, sekitar 5-6 jam perjalanan dari Depok. Dan medannya, fiuuuh, beraat bangeet. banyak tikungan, terjal, berbatu, licin, dan nanjak ! 
parah, sampe pada mabok kayaknya kelamaan duduk di tronton. 
haha, tapi perjalanan yang lama ini membuat kita makin penasaran seperti apa tempat yang bakal kita kersos-in . 

Oyah, jadi sebelumnya, peserta dibagi kedalam beberapa kelompok mentoring. gue sekelompok sama avia (lingkungan11), pusyer(lingkungan11), ayu(bioproses11), dan rani (arsin11). Daaan gue punya mentor super gaul dan kece ka Visarah(sipil 09).
anugrah banget sekelompok sama mereka semua selama kersos ini. 

Awal kenalan sih, masih pada kaku. tapi selama kersos, beeeuuuhh PARABOT PARABOT (re : parah banget) 
SERU ! 

oke lanjut, pas nyampe (akhirnya nyanmpe juga..), kita dibagi untuk tinggal di rumah penduduk disana. Desanya dingin banget kalo malam, dan rumahnya masih sangat sederhana sederhana banget. 
kelompok gue kebagian untuk tinggal di rumah 106, rumah ibu Yana.
kyaa excited banget tinggal di rumah penduduk disana. rumahnya cukup lumayan, udah ada listrik dan ada kamar mandinya. tapiii.. airnya ga ada, jadi kalau mau ke kamar mandi mesti ngambil air di pancuran di belakang rumah dulu. pancuran ini deket empang, dan bisa juga sih kalau mau mandi atau buang air disitu, cumaaa yaah harus ada yang jagain soalnya terbuka bangeet. 

ibu yana nyambut kelompok gue dengan baik bangeeeet. keluarganya yang lain : lia, ira, teh ina, juga menyambut gue sekelompok dengan baik. selama empat hari gue tinggal disana. 
setiap pagi, kita bangun terus masak sendiri, terus siap siap pergi ke basecamp buat dibagiin dapet tugas proyek apa hari itu. 

Jadi, proyeknya itu ada : 
jembatan, mck1, mck2, madrasah, instalasi air, 

workshop pendidikan, program kesehatan, ukm, pengobatan gratis, sembako. 

Jadi yang diatas itulah yang dicoba diberikan dan diharapkan dapat mensejahterakan masyarakat Desa KiaraSari. Gue merasa beruntung setelah berkunjung ke Kiara Sari, yang ternyata masyarakatnya masih banyak yang dibawah rata rata. Air bersihnya yang masih sulit, akses keluar desa yang juga begitu jauh, banyak juga yang masih buang airnya di empang karena gak ada toilet, dan masih banyak lagi yang lain. Desa Kiara Sari bahkan baru 3 tahun yang lalu bisa pake listrik. sedih, prihatin , tapi salut sama warga disana yang tetap survive, rajin bekerja, dan gak ngeluh. 

setiap hari dan setiap shift, kita dibagi bagi kebagian buat bantuin proyek apa aja. begitu juga gue, 
gue ikutan proyek meck2, panas panasan, ngangkutin pasir dan pipa, jajan ale ale.
terus bantu di dapur umum, motong motongin kentang yang banyaknya subhanallah, sampe terkantuk kantuk gue sambil motong motong
terus bantuin instalasi air --> bikin bak penampungan buat sumber air bersih yang cuma dikit sumbernya, bantu ngayak pasir, dll

oke, semuanya seru banget ! meskipun gak terlalu banyak kerja, karena ada tukangnya juga. tapi gue merasa berguna dan jadi orang yang bermanfaat saat itu.

pengalaman seru selain pas proyek adalah, 

saat gue bantu instalasi air, ada 2 anak kecil seumuran 6 tahun perempuan, yang ngambil air dua jerigen masing masing. 
gue bantuin mereka akhirnya dan gue bawa 2 dirigen ke rumah mereka, yang ternyata beraaaaaaat juga. haha, 
gue gak nyangka anak sekecil itu sanggup membawanya ke rumah mereka yang cukup jauh. 

selain itu, pengalaman dikejar anjing pas mau ngisi air di pancuran. pengalaman pas nonton film bareng warga disana pake layar tancep, terus pas main sama anak anak yang ada di rumah gue, dan masih banyak lagiiii..

pas makan roti goreng yang super lezat, makan indomie, minum ale ale (lagi dan lagi), ngumpul sama kelompok gue yang supeeeeer gillaaaa, super heboooh, super kecee :D
dan many moreeee :"D

 oyah yang seru lagi adalah setiap sore selalu ada pesta rakyat.
isinya itu games games seru buat anak anak disana, buat kita nya juga ada, 
terus ada juga lomba panjat pinang.

ada nonton layar tancep bareng warga , dangdutaaaan, dan lomba tarung guling yang bikin heboh satu kampung ini. seru bangeeeeeett !!!

gatau lagi , mau ngomong apa. tapi kersos ini sumpah seru banget. 
dan bener bener buktiin bahwa kersos tuh berbagi kasih, beragam kisah.

kersos juga bikin gue kenal sama banyak banget temen baru, baik anak teknik, maupun anak anak Desa Kiara Sari. 
Kersos bikin gue gak canggung buat nyapa senior dari dep lain, ngobrol sama anak jurusan lain, dan ketawa serta sedih bareng mereka. 

paling terharu dan sedih adalah pas kita udah mau pulang, ibu Yana sampe nangis terharu dan sedih karena kita mau pulang. Ucapan terima kasih juga gak berhenti berhenti diucapin sama ibu Yana. sedih banget, seneng banget bisa tinggal disana selama 3 hari dengan warga Kiara Sari. 

at last, gue salut luar biasa sama panitia Kersos 2012 ini. mereka yang paling capek dan paling bertanggungjawab. mereka gak digaji, bahkan mereka harus ngeluarin banyak uang, tenaga, dan pikiran, tapi mereka mau bersusah payah demi membahagiakan warga Desa Kiara sari. terharu banget, bangga banget :")

makasih teman teman kelompok 2 : avia, ayu, rani, pusyer, makasih mentor ku yang gaul : kavis, makasih temen temen teknik 2011 yang bareng bareng kersos kemaren, makasih kakak kakak panitia yang udah luar biasa keren dan ngajarin banyak hal, makasih keluarga ibu Yana atas segala kebaikanya, makasih semua warga desa kiara sari yang baik dan ramah, makasih buat bapakbapak tni yang mau nyupirin tronton kita sampe ke kiara sari, makasih buat semuanya :")

Semoga semua yang dilakukan selama kersos 2012 ini bisa bermanfaat dan membantu menyejahterakan bagi warga Desa Kiara Sari dan bermanfaat juga bagi semua warga Teknik yang mengikutin baik panitia atau peserta.

makasih KERSOS 2012, 
makasih banyak. 
KERSOS 2012 oke banget, sumpah dan gue beruntung ikut ini :D



gue sama kelompok gue dan ibu yana dan keluarga :D




SEMANGAT ! :D

foto bareng ka agus semangat :D

The Beautiful place : Kiara Sari

anak anak Kiara Sari :3

Lomba Tarung Guling : Ups John kepukul terus tuh kayaknya haha ;p
Ka fajar- PO Kersos 2012 yang super oke :D

salah satu acara rakyat : lomba mecahin balon :D
lagi nonton tarling rame rame ;D

bahkan, seorang Risya pun menggergaji :)

bangun jembatan

gotong royong , kerja sama, bareng bareng :D

main panjat pinaaaaaangg, eh panjat bambu kali yaaa :D
DTE 2011 shift 2 kersos

Foto bareng anak DTE yang ikut shift 2 :D

pertarungan sengit rupanyaaa , seru banget banget

Warga Teknik : Solid dan Konkret. Proud of being a part of them :"D

Ket : tiga foto pertama dari hape gue. foto foto yang lain, ngambil dari FB nya kersos. dari kamera ka audi kayaknya. foto foto lain akan menyusuuul hehe :D


Comments

  1. kurang satu syah : bintang-bintang di langit yang ah-mazing :)

    ReplyDelete
  2. ah iyaaa ull. lupa ditulis. iya bintangnya , alamnya, dinginnya, dan batu batu di jalanannya. supeeeer semuaaa :D

    ReplyDelete

Post a Comment

speak out time

Popular posts from this blog

Sebuah Pilihan.

“Berbahagia dan berusaha bahagiakan orang lain.” Motto hidup sederhana inilah yang membuat saya berani mendaftarkan diri ke IME 2012. Sederhana saja. Awalnya, saya hanya ingin mencari kebahagiaan saya sendiri dengan berorganisasi, mencari banyak pengalaman serta teman, dan membahagiakan orang lain (teman-teman sesama mahasiswa) dengan ikut IME sebagai organisasi yang mewadahi kegiatan mereka semua. Tapi mengapa saya memilih membahagiakan orang lain melalui bidang PSDM?  Kata orang kebanyakan, PSDM adalah bidangnya orang-orang yang mau berpikir dan mau susah-susah untuk mengurusi orang lain. Dan saya juga tidak dapat memungkiri itu karena bidang inilah yang mau repot-repot mengurusi dan membimbing saya dan 117 teman saya saat masa bimbingan dulu. Ah kerajinan sekali, begitu pikir saya dulu.    Tapi saat masa adaptasi dunia kampus dulu, saya dibuat semakin menyadari bahwa mahasiswa adalah segerombolan manusia yang punya banyak kelebihan di dalam dirinya yang bisa membaw

Aku cinta padamu, Indonesia

Indonesia, sebuah negeri dengan segala keelokan dan pesona. Negeri di tenggara Asia   yang patut dipertanyakan: seberapa besar cinta rakyatnya kepadanya? Aku mungkin hanyalah seorang biasa, tapi aku akan mencoba menggambarkan seberapa besar cintaku kepada negeri ini melalui rangkaian kata sederhana ini. Atau mungkin, aku akan mencoba membuat kalian tahu bagaimana caraku mencintai negeri ini, mencintai baik dan buruknya. Aku terlahir di negeri ini. Aku tumbuh dan menghirup udara di negeri ini, begitu juga sekitar dua ratus juta penduduk Indonesia yang lain. Ketika aku lahir, Indonesia masih dipimpin seorang “Bapak Pembangunan” yang katanya memberikan banyak perubahan dan kemajuan, tapi juga banyak meninggalkan hutang bagi Indonesia. Tapi aku tak peduli, aku mulai merasakan cinta pada negeri ini mulai tumbuh sejak hari pertama aku melihat dunia. Inilah negeriku, tempat hidungku menghirup udara pertamanya atau tempat tangisku pertama kali pecah. Dan aku mencintainya, dengan tertah

Great People Scholarship Program Telkom 2019 -

 --continued from previous post-- Oke jadi dimulailah tahap seleksi beasiswa GPSP dari perusahanku Telkom Indonesia. Hal pertama yang bikin aku cukup gak pede dan stres adalah waktu persiapan yang super sempit. Jadi, dari tanggal rilis nota dinasnya, aku harus menyiapkan proposal studi yang akan disubmit dan dibawa dalam waktu kruang lebih 4 hari apa 3 hari yah lupa. Jadi aku inget weekend itu aku bener bener scroll2 jurusan kampus dan bikin proposal study selama dua hari Sabtu-Minggu. Hari Seninnya, aku harus berangkat ke Bandung untuk tes. Dan aku berangkat ke Bandung bareng sama bebeb Pome sahabatcuuu Step pertama : Bikin proposal Studi  Selama nyusun proposal studi aku agak terburu buru dan gatau mau nulis apa. Ini mirip mirip dengan motivation letter atau personal statement kalau kita mau apply beasiswa atau apply kampus di luar Negeri untuk S2. Bedanya di seleksi Telkom ini dia minta dua halaman dan harus menjelaskan manfaatnya buat Telkom itu apa ketika kita sudah balik dari sek