Skip to main content

14 Souls, 1 Journey.

14 Souls, 1 Journey
Mt. Lawu 3265 Mdpl.

Cerita kali ini adalah tentang perjalanan gue dan 13 orang saudara gue yang sangat teramat luar biasa.  Perjalanan yang kami lakukan adalah pendakian ke Gunung Lawu. Karena sudah lama tidak bersua dan rindu akan aroma gunung memuncak di benak kami  masing-masing, jadilah kami memutuskan untuk naik gunung liburan ini. Awalnya, kami ingin naik gunung se angkatan IWP25 : 22 orang. Tapi karena satu dan lain hal akhirnya hanya 14 orang yang bisa ikut. Sedih sih, tapi ini sudah jumlah paling banyak yag bisa kami usahakan. Perjalanan ini juga Cuma akan dilaksanakan selama 4 hari , karena Senin nya Whita ada kuis. Jadi di gunungnya Cuma 2 hari satu malam.

Sebelum cerita perjalanannya lebih lanjut. Gue mau memperkenalkan saudara saudara gue yang berangkat pendakian kali ini terlebih dahulu ya.
Tebo Iga Guntur Idang Bagong Putra Ami Nana Memel Dea Whita Tresna Sembor Gue

11 Juli 2012
Hari ini Putra berulang tahun. Bertepatan dengan sehari sebelum keberangkatan kami ke Gunung Lawu. Jadi kami memang sengaja ngumpul di sekolah buat nyiap nyiapin logistik pendakian besok. Nah, yang bikin heboh adalah ada surprise dari pacarnya Putra buat Putra. Kita semua pada kaget karena putra udah punya pacar. Abisnya, selama ini gak pernah cerita cerita. Memel dan Idang yang paling kesel karena satu almamater tapi gatau juga. Tapi semua bahagia, akhirnya sekarang 25 punya Bu Kades :D

Day 1 - 12 Juli 2012
 Yeay ! Hari ini pun datang juga. Hari keberangkatan kami ke Lawu, Jawa Tengah-Jawa Timur. Kami janjian ngumpul di stasiun Bekasi jam 10.00. Tapi gue sama Memel datengnya kecepetan. Jam 10 kurang kita udah tiba di stasiun dan alhasil nunggu lebih lama. Gak lama kemudian, datang yang lain. Yang bawa barang muntahan ( sebutan untuk barang tentengan di luar carrier dan costbag) paling gede itu si Idang. Idang dititipin kue muffin dari mamanya Iga. Kuenya sih buat kita makan rame rame juga, tapi jangan sampe Iga gak kebagian katanya. Kita udah beli tiket kereta Matarmaja buat sampai ke stasiun Solo Jebres. Nah keretanya ini berangkat dari stasiun Senen, karena itu kita pun mutusin buat naik KRL dulu ke Senen.

Oh iya, yang berangkat dari Bekasi ini bukan langsung ber-14, tapi cuma ber-12. Iga langsung dari Surabaya dan Ami berangkat dari Jogja. Kita janjian ketemu di Stasiun Solo Jebres sama mereka. Setelah gantian beli minuman dan udah beli tiket, kita pun jalan naik KRL ke Stasiun Senen. Ups ada yang lupa, sampe Senen Ka Yesse dengan baiknya ikut nemenin kita looh.

Let’s begin this journey! Let’s face it together !
 And let’s have fun together !

semua tiket yang diperlukan
Stasiun Senen – jam 12 kurang

Sampai di Stasiun Senen, kita pun makan siang rame rame sambil duduk melingkar di lantai. Abis itu, kita gantian shalat dan buang air kecil. Ada sedikit rahasia nih tentang Sembor : doi udah BAB aja pas di Senen. Udah gitu pas mau ngasih tau kalau dia mau BAB dulu nya tuh pake lewat SMS segala, padahal mah ngomong langsung bisa. (hehe gapapa kan bor diceritain disini?) Oh iya, ada lagi tentang Sembor: Sembor pake sepatu Crocs buat naik gunung ! What so cool banget kan? Banyak yang heran, tapi nanti biar kita liat gimana kisah sembor dan sepatunya di gunung ya.

Kereta Matarmaja yang kita naikin udah standby minta dinaikin dari tadi. Akhirnya, kita pun bawa carrier masing masing ke dalam kereta. Cari tempat duduk dan rapihin barang.

Matarmaja Senen-Solo Jebres

Kereta pun mulai jalan. Bangku di depan gue sama Idang dan disamping Tresna masih kosong. Jadilah gue dan Idang bisa selonjorin kaki dan merasa Kereta ekonomi ini sangat lega. As usual, di Kereta ekonomi ini banyak tukang dagang yang lewat. Tapi ada yang paling aneh nih, masa ada yang jualan : ngetes tensi darah di kereta ini. Ya kali lah ada yang mau ngecek tensi darahnya di kereta. Ga ngerti lagi deh orang ternyata melakukan apa saja ya buat cari duit.

16.00
 whita, nana, idang, sembor, dea, gue main kartu di kursi gue sama Idang. Jadilah bangku yang sebenernya hanya cukup buat 4 orang dimuatin jadi cukup ber 6. Kita main kartu gebrak ( tepok nyamuk) dengan menjadikan paha idang sebagai mejanya. Karena mainnya seru banget, jadilah kita teriak teriak dan ketawa tawa. Tapi akhirnya kita main dalam kebisuan, karena diomelin tetangga sebelah. Padahal masih siang tapi udah gak boleh berisik sama tetangga sebelah itu. Yaudah deh, tapi tetep seru kok. Yaiyalah kalo diem, makin susah soalnya main kartunya haha.

17.00
It’s time to curhat session. Jadi sesi ini diisi tanya jawab dan interogasi buat Putra yang baru aja punya pacar. Awalnya sih Putra malu malu, tapi akhirnya malah jadi curhat panjang lebar. Hehe ;p Sesi curhat antara Dea dan Tresna juga terjalin mesra (duh bahasa gue) dan Tebo menjadi saksi bisu curhatan mereka. Ternyata, acil juga udah punya pacar !! wow selamaaaattt ciiil ! :D

Sudah ngobrol panjang lebar, ketawa ketawa sana sini, dan berbagi makanan (brownis coklatnya nana the best deh), kami pun mulai mengantuk dan satu persatu mulai tidur. Namun yang dari awal udah tidur juga ada, yaitu Guntur ! Babang tidur dari awal perjalanan , sampai mangap pula tidurnya.

Di kereta Matarmaja kali ini tidak ada Banci seperti biasanya saudara saudara ! Tapi ada tukang sapu sapu gerbong dan tukang semprot wewangian yang minta duitnya rada maksa. Pas kita lagi main kartu, ada tukang sapu yang maksa minta duit ke Idang pake marah marah lagi. Males banget ngeliatnya. Tapi untung Idang mukanya juga sangar jadi aman deh hehe.

No matter how sick and bad this train is, I still feel good because of this togetherness

main tepok nyamuk di kereta
 Day 2-13 Juli 2012

01.20
Akhirnya tiba juga kita di Stasiun Solo Jebres, Jawa Tengah. Di stasiun, Iga sama Ami udah nunggu . Mereka bahkan lagi tidur di bangku tunggu, kita pun menyerbu mereka dan membangunkan paksa mereka. Kata kata Iga yang gue inget pas dibangunin : “Masih ngantuk gue, abis nonton anaconda tadi soalnya.”

Akhirnya kita udah ngumpul ber-14. Kuenya Iga pun akhirnya bisa dimakan karena udah ada Iganya. Setelah shalat dan bersih-bersih. Ada yang beli makan dan ada juga yang nyari mobil buat kita jalan ke Cemoro Sewu ( Basecamp Lawu ). Sekitar jam 04.30 kita udah sarapan pagi, menunya : gudeg, tempa bacem, tempe kering buatan mamanya nana, ati ampela dan kuah sayur. Nikmat banget makan bareng bareng di pagi yang udah cukup dingin itu.

05.30
 guess what, kita mesti naik truk terbuka buat mencapai cemoro Sewu. Ini seru banget, pikir gue. Tapi gue gak kepikiran kalau ternyata di luar stasiun dingin banget ! DINGIN BANGET ! dan kita naik truk terbuka ! oh what a life ! brr akhirnya kita duduk mepet mepetan biar gak kedinginan di truk. Udara pagi menggigiti tubuh kami sampai ke tulang, super dingin. Super seru tapinya :D Sampai akhirnya kita tiba juga di basecamp CEMORO SEWU.
Lawu, we’re coming !
we're coming as one united,
united of dreams and stories.

Truk bagian ujung dalam

truk bagian ujung luar
Basecampe Cemoro Sewu- sekitar jam 8 pagi.

basecamp Cemoro Sewu
 Kami pun mulai berjalan mendaki gunung Lawu ini. Sebelumnya kami foto foto dulu di depan gerbang Cemoro Sewu, sayang Putra ga ikut foto karena harus motion hehe. Jalan santai pun mulai dilakukan. Putra dan Whita yang paling semangat jalan paling depan sampai Pos satu. Sedangkan Dea dan Tresna ternyata mulai kelelahan di belakang. Yang lain sih, jalannya gak cepet cepet banget dan gak lama lama banget juga. Tapi tidak ada yang benar benar sakit dari kami sehingga pendakian bisa terus dilanjutkan.Oya, fyi, sembor akhirnya gak pake sendal crocs nya, tapi pake sendalnya Dea.

Sepanjang perjalanan, mulai dari perjalanan di truk maupun saat pendakian, Bagong dan Idang paling semangat dan antusias ngomongin masalah bebatuan. Hem ini sih mentang mentang mereka anak geologi dan perminyakan jadi obrolannya batuan deh. Udara dingin masih menyelimuti badan kami. Tapi meski perlahan, kaki kaki kami terus menapaki jalanan mendaki demi mencapai pos satu dan pos selanjutnya.

Perjalanan dari Pos1 ke pos 2 yang paling jauh. Putra dn Whita masih memimpin di depan dan tiba di pos  lebih dulu dari yang lain. Gue, Nana, dan Ami sampai sempat tertidur di jalur karena ngantuk luar biasa menyerang kami. Idang pun katanya sempet ngedrop karena jalan di belakang dan ditinggalin gue dan Memel haha. Dari Pos 1 ke pos 2 emang jalan yang paling gak asik karena jalannya misah misah dan jadinya kurang seru. Tapi akhirnya kita semua pun sampai di pos 2.

Karena kondisi fisik yang gak pernah latifis sebelum naik ini, banyak dari kita yang cukup kaget pas naik gunung kali ini . Akhirnya dari Pos 2 kita rembukan sebentar tentang rencana perjalanan kita. Tujuan kita naik kali ini kan pengen reuinian dan senang senang jadi target sampai puncak pun kita singkirkan sebentar. Tapi semangat dan tekad 14 orang dalam pendakian ini ternyata masih tinggi, akhirnya kita pun tetap semangat buat sampe Hargo Dalem hari ini juga.

Dari Pos 2 ke pos 3 perjalanan sangat menyenangkan. Kita jalan rame rame, meskipun Putra tetep paling depan, tapi seru banget karena jalannya gak terlalu misah misah. Pemandangannya pun bagus pisan jadinya gak bosen deh mata ngeliatin ke kanan ke kiri. Sepanjang perjalanan juga diisi dengan lawakan lawakan dan cerita cerita seru antar kita.

Eh tapi ada yang bikin prihatin nih, Iga dengan sialnya terkena tai burung . Tangannya jadi bau banget! Sampai di Pos 3 Iga pun sibuk bersihin tangannya yang bau banget itu. Sampai pake sabun tapi masih bau juga . Sementara yang lain sibuk foto foto , makan biscuit, ngobrol ngobrol. Idang dan Ami di Pos 3 malah tidur.Dan akhirnya kita pun ngelanjutin jalan lagi ke Pos 4.

Perut udah mulai pada keroncongan. Jalanan dari pos 3 ke pos4 isinya batu semua . Tangga batu lebih tepatnya. Nafas mulai engap karena udara sangat dingin. Beban semakin kerasa berat. Tapi, salut sama Bagong dan Iga yang gantian double carrier nya Dea. Sampai di Pos 4, semua kedinginan dan kelaparan. Alhasil, kita masak indomie dulu di pos 4. Malangnya, Putra udah jalan duluan ke pos 5. Akhirnya Putra sendirian deh nunggu di Sendang Drajat, tanpa uang (karena uangnya di memel) dan tanpa makanan haha kasihan Putra.

Di pos 4 ini, whita juga menuntaskan hajat yang mengganjal perutnya. Sementara itu, Iga lagi lagi sial karena menginjak Tai orang yang baunya super bau banget ! Dan parahnya lagi, Iga jalan jalan dan nginjek carrier gue sama memel. Jadilah ikut bau carrier kita berdua. Setelah perut agak kenyang, kita pun mutusin buat jalan lagi sampai Sendang Darajat dan tim dibagi dua.

Yang pertama yang langsung ke Hargo Dalem buat diriin tenda dan masak. Yang kedua buat ngambil air dulu di Sendang Drajat. Perjalanan dari pos 4 ke Sendang Drajat jadi perjalanan yang paling melelahkan. Udah capek banget banget rasanya. Langit pun mulai gelap dan dinginnya menusuk tulang banget. Ini sumpah dingin banget !

But God is good, akhirnya kita sampe juga di Hargo Dalem akhirnya dan mendirikan tenda disana.

It’s very tired to walk and climb up this mount,
but it’s easier  when we walk and laugh together
as long as the journey.

Pos 3
  Hargo Dalem- sekitar pukul 18

Dinginnya luar biasa ! Yang cewek cewek pada masak dan yang cowok cowok pada diriin tenda. Tapi abis itu, yang masak tinggal di luar dan bantu bantu masak hanya Nana, Memel, Sembor, gue. Yang lain berlindung di dalam tenda. Kasihan yang masak malam itu, dinginnya bener bener deh. Tapi demi membuatkan makanan buat yang lain, Nana Memel Sembor pun menahan dingin yang luar biasa itu. Setelah selesai masak sup baso dan Nasi, yang lain pun satu persatu makan.

Tapi karena udah pada ngantuk dan kedinginan, makannya jadi pada gak banyak dan nasinya pun jadi sisa banyak banget . Ami dan Dea lagi kurang enak badan malam ini. Ami dan Dea disuruh makan susah banget, udah dicekokin juga gak mau. Tapi akhirnya makan juga walau Cuma beberapa suap. Iga dan Idang pun nyolong makanannya whita : biscuit Genji dan coklat buat Ami dan Dea . Pagi-paginya, whita nyariin makanannya ini loh.

Waktu menunjukkan pukul 21.00 ( sekitar jam Sembilan malem deh pokoknya). Semua udah masuk ke tenda masing masing. Jadi tendanya ada tiga. Tenda pertama buat logistic. Tenda kedua isinya Nana Whita Tresna Guntur Memel Bagong Tebo. Tenda kedua isinya gue Sembor Dea Putra Ami Idang Iga. Baik jadi kami bertujuh tujuh bermuat muatan di tenda yang seadanya. Sebenarnya tidak terlalu sempit, hanya saja udara jadi terasa agak pengap di dalam tenda. Tapi salah satu keuntungan bertujuh adalah kami jadi tidak perlu khawatir akan dinginnya malam di Hargo Dalem, Lawu, yang menurut orang orang suhunya mencapai -4oC. Malam itu kami tidur sempit sempitan tindih tindihan dan penuh lelah karena perjalanan yang baru dilalui.

Sleeping in a tend with them on a mount is
one of  the best sleeping time  I’ve ever had

Day 3 – 14 Juli 2012

Kami sudah terbangun dari jam 4 pagi. Udara dingin membuat kami bermalas malasan di dalam tenda dan enggan bangun. Sekitar pukul 5.30 , terdengar suara Tebo berteriak teriak mengatakan : “woy sunrise woy..”. Sebenarnya ingin sekali menyaksikan indahnya matahari terbit, tapi rasa malas dan kedinginan mengalahkan niat kami sehingga kami tetap di dalam tenda.

Beberapa dari kami pun akhirnya bangun dan makan indomie di warung mbok Yem. Hal ini dikarenakan cuaca dingin membuat kami malas memasak lagi. Sisa nasi semalampun masih berantakan di atas misting. Harga indomie telor +nasi cukup mahal : rp9000. Mungkin karena kami makan indomie nasi telor ini di ketinggian 3000mdpl. Setelah makan dan minum yang hangat hangat, kami pun kembali ke tenda dan menghabiskan waktu dengan bermalas malasan di tenda sambil mengobrol. Saat-saat seperti ini yang sangat menyenangkan. Menceritakan pengalaman hidup dan tertawa bersama sama , tawa riang kami menghangatkan suasana dingin pagi itu. Burung elang di langit pun menemani tawa dan canda kami pagi itu.

Sekitar pukul 09.00 kami mulai bergerak dan merapikan barang barang kami. Sekitar jam 11 kami pun akhirnya memutuskan untuk mulai jalan lagi. Kami pun memutuskan untuk tidak ke puncak Hargo Dumilah. Keputusan ini kami ambil bersama sama, tidak ada penyesalan sama sekali karena tidak sampai puncak. Lagipula, puncak pun sudah sangat dekat dengan kami hanya saja kami harus buru buru turun agar tidak ketinggalan kereta pulang. Kami puas dengan pendakian sampai Hargo Dalem ini dan kami siap untuk turun sekarang.
Hargo Dalem
Perjalanan turun
Perjalanan turun terasa begitu melelahkan tapi menyenangkan karena kami akan segera tiba di bawah sebentar lagi. Dan kami akan segera pulang. Perjalanan turun juga harus penuh kesabaran karena Dea mulai ngedrop lagi sehngga perjalanan jadi agak lambat. Tim pun dibagi 2. Tim pertama : nana, whita, bagong, tresna, putra, idang, ami. Tim kedua : aisyah, guntue, dea, iga, sembor , memel, tebo.
Sepanjang perjalanan turun kami banyak tertawa, foto foto , dan banyak istirahatnya juga.

Hiking to this mountain makes us believe that God is the best creator in the world. And we’re just human who can’t do anything without His power.

Ami kakinya udah kena berkali kali tapi Ami tetap bisa ngelawak dan nyengir. Tresna jalannya juga melambat tapi tetap tidak mau lepas carrier dan jalan terus. Putra jadi leader jalan di tim 1 dan menentukan bakal lewat jalan mana, landai atau nge cross. Guntur sibuk jadi tukang foto foto pas perjalanan turun ini. Sembor tetap nyanyi nyanyi dan semangat 45 meski sambil nuntun Dea jalannya. Bagong tetep paling kuat (sekuat Ultraman) bawa plastic sampah dan ngebut pas turun udah kayak babi hutan. Whita jalan santai sama Nana, suatu saat whita mau ikutin langkahnya bagong malah kepeleset akhirnya. Nana pun mulai dipanggil Bunda dan Mpok sama yang lain. Idang dan Ami jadi penakluk binatang buas, katanya sih biar pas gue sama Memel lewat udah gak ada binatang buas lagi, padahal mah di Lawu gak ada binatang buasnya. Gue sama Memel jadi jalan berduaan di depan  karena mau cepet mandi dan udah capek tapi jadi ninggalin Dea :( ( maaf ya De, habis takut ikutan ngedrop kitanya). Tebo dengan setianya nemenin Dea jalan sama Sembor juga. Oya, akhirnya Sembor ganti pake crocsnya lagi pas turun soalnya kakinya sakit pake sendalnya Dea. Iga dengan baiknya bawain carriernya Dea dan selalu motivasiin Dea. Dan Dea, meskipun Dea jalannya lama, tapi Dea tetep mau jalan kok. Dan gue sama Memel sampe kaget banget karena terakhir terakhir Dea jalannya semangat banget, dan sampe lari bahkan. Meskipun gue tau Dea ngedrop banget, tapi dia tetep gak mau nyusahin yang lain, dia gak mau carriernya dibawain bahkan. Dia juga gamau gara gara dia Ami jadi ditinggalin kereta, makanya Dea jalannya jadi kuat dan semangat banget. Meski awalnya pesimis buat turun tepat waktu, akhinrya Dea pun sampe juga di Basecampe. You did it, Dea! :D

Finally, kita semua nyampe juga akhirnya di basecamp Cemoro Kandang dengan selamat dan gak kurang satu apapun.

I do believe that brothers and sisters will never leave each other. They will always walk together, even it is not always in the same path or time. Nobody is left behind. Although someone walks behind, the others will always wait for his/her coming. Now I know what brothers and sisters are for.  And thanks God, I have them as my brothers and sisters.

Setelah beres beres dan mandi. Kita pun akhirnya harus meninggalkan Basecamp Cemoro Kandang ini. Kita harus bergegas kembali pulang. Bergegas ke stasiun Solo Jebres. Dan yap, kita harus naik truk lagi, nahan dingin lagi.

Goodbye cold weather. Goodbye trees, birds, wind, and rocks. Goodbye Lawu.. Thanks for making such a beautiful story for us.

Berikut ini adalah momen paling epic yang terjadi di truk pulang menuju stasiun Solo Jebres.

Tragedi Muntah

Awalnya Nana minta tukeran tempat duduk sama gue karena Nana mulai pusing duduk menghadap belakang dan jalannya jadi mundur gitu. Jalanannya juga naik turun dan belok belok. Nana pun minta plastic takut muntah karena Nana udah mulai mabok. Diambillah plastic sampah besar dari carrier Idang buat Nana. Tapi karena kegedean, Nana ngambil plastic lagi yang lebih kecil. Gak lama, Ami berdiri karena mulai mual juga. Ami juga udah megang plastic sendiri. Nana pun mulai muntah sedikit. Disusul oleh Ami yang muntahnya langsung banyak. Tebo pun ikut berdiri. Pas Tebo berdiri, celana Tebo malah dipelorotin sama anak anak cowok yang lain, dan pada ngetawain Tebo. Mereka gak tau kalau Tebo tuh berdiri karena mau muntah dan udah mual banget juga. Akhirnya Tebo pun narik celananya sambil ketawa-ketawa, duduk , terus muntah. Dea yang gak kuat liat muntahan pun pindah duduk di pinggir deket pintu. Idang tiba tiba ngambil plastic sampah besar yang tadi buat Nana dan muntah juga. Idang ikut muntah karena Tebo sama Ami muntah disekeliling dia. Bagong juga berdiri dan muntah langsung ke luar truk, gak pake plastic. Tresna juga ikut muntah di plastic dan ups plastiknya bocor! Guntur pun akhirnya nyariin plastic lagi buat tambel muntahannya Tresna . Tebo Ami Idang yang muntahnya paling banyak. Whita dan Marina ikut megang plastic karena takut muntah tapi akhirnya bisa melupakan mual mereka dengan kembali tidur. Iga dan Dea nahan mual dan eneg di ujung truk. Nana sama Bagong akhirnya udah gak muntah lagi setelah berdiri menerpa angin kencang yang berhembus. Gue, Memel, Guntur, dan Putra adalah survivor yang gak megang plastic, gak mual, dan gak muntah di truk malam itu. Untung aja tragedy muntahnya pas udah jalan turun bukan pas di gunung. Bisa gawat kan kalau pada masuk anginnya pas masih di gunung.

Stasiun Solo Jebres-20.30

Sampai di stasiun kita nunggu di tempat tunggu penumpang. Bagong dan Dea beli makanan buat makan malem kita. Iga sama Guntur mandi di stasiun. Abis itu, kita semua pun makan malam : nasi kucing dan teh manis. Setelah cukup kenyang, kereta menuju Bekasi pun datang. Di Stasiun ini, kita berpisah sama Ami dan Iga. Iga naik kereta balik ke Surabaya, Ami besok pagi naik kereta balik ke Jogja. Sedih juga harus misah sama mereka berdua dan gak sama sama pulang ke Bekasi.

Di kereta SoloJebres-Senen
Semua rata rata pada capek dan tidur kelelahan. Kaki udah pada pegel pegel minta diurut. Kereta makin penuh sama tukang jualan. Akhirnya, kita benar benar pulang dan menuju Bekasi. Selamat tinggal Solo Jebres..

Day 4-15 Juli 2012
Tiba di stasiun Bekasi sekitar pukul 09.20. Abis itu kita langsung ke rumah Bagong buat bersih bersih logistic. Dan akhirnya, satu persatu pulang ke rumah masing masing.

Goodbye my brothers, goodbye my sisters. Thanks for making such a wonderful story for this 4 days. This should not be the end of our journeys. Hope we’ll  meet again in next journeys.

Akhirnya perjalanan yang susah banget direncanain ini ( karena pada sibuk dan jadwalnya bentrok terus) berakhir juga. Seneng banget akhirnya bisa naik gunung lagi bareng-bareng 25, dan ini jumlah terbanyak kita naik gunung bareng . Puas banget, bahagia banget, seneng banget, tapi sedih banget juga karena Raissa, Danu, Tiara, Meiria, Dinda, Jodi, Arga, dan Egga ga bisa ikut dalam perjalanan kali ini. Lain kali, kita harus naik gunung bareng lagi, dan lain kali itu harus ber-22 pokoknya.

Oh ya, banyak pelajaran yang gue ambil dari pendakian kali ini. Yang pertama, bahwa kita bener bener butuh latihan fisik sebelum naik gunung haha. Yang kedua, bahwa mendaki gunung bukan cuma soal menaklukan puncak gunung tersebut, tapi soal menaklukan ego kita masing-masing. Dan yang terakhir, bahwa persaudaraan dan kebersamaan itu yang paling penting dibanding apapun.

Baik, segini aja ya yang bisa gue tulis. Maunya sih nulis lebih panjang lagi,
karena yang gue alamin jauh lebih banyak dari sekedar panjangnya tulisan ini hehe.
Maafin gue kalau ada salah selama ini,
atau ada salah tulis atau ada yang menyinggung di tulisan ini.

To IWP25:
Thank you so so much for being my brothers and sisters
 I love you guys :")

Sumber cerita :
bukti otentik kisah perjalanan :D

Popular posts from this blog

Sebuah Pilihan.

“Berbahagia dan berusaha bahagiakan orang lain.” Motto hidup sederhana inilah yang membuat saya berani mendaftarkan diri ke IME 2012. Sederhana saja. Awalnya, saya hanya ingin mencari kebahagiaan saya sendiri dengan berorganisasi, mencari banyak pengalaman serta teman, dan membahagiakan orang lain (teman-teman sesama mahasiswa) dengan ikut IME sebagai organisasi yang mewadahi kegiatan mereka semua. Tapi mengapa saya memilih membahagiakan orang lain melalui bidang PSDM?  Kata orang kebanyakan, PSDM adalah bidangnya orang-orang yang mau berpikir dan mau susah-susah untuk mengurusi orang lain. Dan saya juga tidak dapat memungkiri itu karena bidang inilah yang mau repot-repot mengurusi dan membimbing saya dan 117 teman saya saat masa bimbingan dulu. Ah kerajinan sekali, begitu pikir saya dulu.    Tapi saat masa adaptasi dunia kampus dulu, saya dibuat semakin menyadari bahwa mahasiswa adalah segerombolan manusia yang punya banyak kelebihan di dalam dirinya yang bisa membaw

Aku cinta padamu, Indonesia

Indonesia, sebuah negeri dengan segala keelokan dan pesona. Negeri di tenggara Asia   yang patut dipertanyakan: seberapa besar cinta rakyatnya kepadanya? Aku mungkin hanyalah seorang biasa, tapi aku akan mencoba menggambarkan seberapa besar cintaku kepada negeri ini melalui rangkaian kata sederhana ini. Atau mungkin, aku akan mencoba membuat kalian tahu bagaimana caraku mencintai negeri ini, mencintai baik dan buruknya. Aku terlahir di negeri ini. Aku tumbuh dan menghirup udara di negeri ini, begitu juga sekitar dua ratus juta penduduk Indonesia yang lain. Ketika aku lahir, Indonesia masih dipimpin seorang “Bapak Pembangunan” yang katanya memberikan banyak perubahan dan kemajuan, tapi juga banyak meninggalkan hutang bagi Indonesia. Tapi aku tak peduli, aku mulai merasakan cinta pada negeri ini mulai tumbuh sejak hari pertama aku melihat dunia. Inilah negeriku, tempat hidungku menghirup udara pertamanya atau tempat tangisku pertama kali pecah. Dan aku mencintainya, dengan tertah

Great People Scholarship Program Telkom 2019 -

--continued from previous post-- Oke jadi dimulailah tahap seleksi beasiswa GPSP dari perusahanku Telkom Indonesia. Hal pertama yang bikin aku cukup gak pede dan stres adalah waktu persiapan yang super sempit. Jadi, dari tanggal rilis nota dinasnya, aku harus menyiapkan proposal studi yang akan disubmit dan dibawa dalam waktu kruang lebih 4 hari apa 3 hari yah lupa. Jadi aku inget weekend itu aku bener bener scroll2 jurusan kampus dan bikin proposal study selama dua hari Sabtu-Minggu. Hari Seninnya, aku harus berangkat ke Bandung untuk tes. Dan aku berangkat ke Bandung bareng sama bebeb Pome sahabatcuuu Step pertama : Bikin proposal Studi  Selama nyusun proposal studi aku agak terburu buru dan gatau mau nulis apa. Ini mirip mirip dengan motivation letter atau personal statement kalau kita mau apply beasiswa atau apply kampus di luar Negeri untuk S2. Bedanya di seleksi Telkom ini dia minta dua halaman dan harus menjelaskan manfaatnya buat Telkom itu apa ketika kita sudah balik dari sek