Skip to main content

Untuk Bapak Joko

Assalamualaikum Bapakku, Bapak Joko.

Maaf malam malam mengganggumu dengan sebuah celotehan yang mungkin akan membuat Bapak semakin lelah. Aku ingin sekali bercakap langsung dengan Bapak, menyalami tangan Bapak dan mengatakan : Selamat atas hari ke 100 nya. Sayang hari ini aku tidak bisa memakai piyama dan turut berjalan ke rumah Bapak bersama ratusan kawanku yang lain. Maaf Pak, hari ini aku harus beres beres kamar kosan dengan temanku, aku sudah janji dari lama. Tapi aku sudah titipkan salamku pada seorang teman lewat langkah kakinya tadi pagi.Kawan kawanku yang tergabung dalam BEM se UI sudah menulis kan banyak soal hari ke 100 Bapak disini.  Apakah Bapak bertemu dengan kawan-kawanku hari ini? Kalau tidak, aku kirimkan saja disini fotonya ya Pak. 

@BEMUI_official

Sumber : http://www.republika.co.id/berita/inpicture/nasional-inpicture/15/01/28/nivwlz-peringati-100-hari-jokowijk-massa-demo-istana-2



Aku tidak akan berceloteh rinci tentang kajian apa yang sudah Bapak dan kabinet kerja lakukan sampai hari ini. Itu semua sudah dirangkum lengkap oleh kawan kawanku tadi. Aku menulis disini karena aku sedang menjadi seorang anak yang khawatir pada keadaan Bapaknya. Apakah Bapak sudah makan malam? Atau apakah Bapak sudah bisa duduk santai di ruang keluarga sekarang ini? Oiya Pak aku lupa mengenalkan diri. Aku seorang anak Bapak yang berkuliah di UI dan tinggal di sebuah kota yang berada di luar planet bumi, ya aku tinggal di Bekasi. (Apakah Bapak tahu lelucon-lelucon yang beredar mengenai tempat tinggalku ini?) Sejak pertama kali Bapak dilantik di gedung itu waktu itu, aku sekeluarga langsung berdecak, Bapak pasti tidak akan pernah blusukan ke rumah kami yang jauh sekali ini. Dan sampai hari ke 100, Bapak belum sampai ke Bekasi sepertinya. Apa aku yang melewatkannya?

Bapak, aku banyak sekali menonton televisi belakangan ini. Terlalu banyak berita yang membuatku memikirkan Bapak. Ada berita tentang pesawat jatuh, banjir, sampai yang paling hangat soal perseteruan KPK dan Polri. Walau sekali kali juga ada berita mengenai kurikulum sekolah yang sudah lebih jelas, pertahanan laut yang lebih baik, dan prestasi Indonesia dalam sains dunia. Tapi melihat berita berita yang buruk, aku jadi cemas memikirkan Bapak. Apakah selama 100 hari ini Bapak bisa tidur dengan lelap ? Aku pernah jadi ketua kelas Pak waktu SD, dan selama seminggu pertama tidurku tidak lelap karena aku khawatir akan bangun telat dan tidak bisa menyiapkan barisan esok paginya di sekolah. Mengingat itu, aku membayangkan bagaimana resahnya Bapak setiap malam. 

Bagaimana rumah baru Bapak? Apakah disana cukup nyaman untuk berpikir dan mengambil keputusan ? Kalau ada orang jahat berusaha masuk ke rumah Bapak, segera minta paspampres untuk mengusir. Kalau ada orang jahat berusaha masuk ke pikiran Bapak, segera minta hati Bapak kembali bekerja. Karena aku yakin hati Bapak seramah senyum Bapak saat kampanye dulu. Aku yakin yang ingin Bapak bawa untuk Negeri ini adalah kebaikan untuk rakyat sekalian. Bagaimana rasanya makanan di istana Bapak? Bapak tidak boleh telat makan apalagi tidak makan. Bapak sudah kurus, aku tidak mau melihat Bapak bertambah kurus. Mata Bapak semakin sayu di hari ke 100 ini. Aku kasian melihat Bapak.

Aku tidak percaya bahwa Bapak bukanlah orang yang pintar, berarti aku percaya kalau Bapak orang yang pintar. Tapi aku rasa Bapak harus sedikit lebih tegas. Bapak tidak boleh kalah tegas dari siapapun di negeri ini. Bapak adalah pemimpinnya. Bukan ibu-ibu di belakang Bapak, bukan merah-merah di belakang Bapak, atau bukan celoteh-celoteh di belakang Bapak. Aku tidak mau Bapak terlalu sabar. Walau sebetulnya sabar itu baik. Tapi aku benar benar tidak mau Bapak direndahkan orang lain. Banyak yang jahat mengkritik Bapak di tulisannya, yang ini bahkan sempat menjadi trending topic.  Aku turut sedih. Tapi aku berharap Bapak melakukan perlawanan. Bapak pasti punya senjata rahasia kan? 

Banyak orang yang berharap pada Bapak. Termasuk juga aku dan keluargaku di rumah. Aku tidak mau Negara ku semakin porak poranda. Dan aku lebih tidak sudi jika Negeri ini justru diacak acak para pemimpin Negerinya sendiri. 

Aku percaya kalau Bapak akan berani merubah semuanya. Berani untuk menolah petuah petuah tetua yang dituakan dan diagungkan. Berani untuk menyejahterakan rakyat sampai batas semaksimalnya. Masih banyak permasalahan yang harus diselesaikan di Negeri ini Pak. Tapi kalau Bapak terlalu lama bertindak, Bapak semakin lama membuat seluruh perhatian terpusat pada polri dan KPK saja . Sementara di ujung timur Jawa masih banyak daerah tertinggal, di Papua sana Freeport belum jelas statusnya, dan lain lain. Masih banyak hal yang harus diperhatikan oleh seorang Bapak. Anak Bapak banyak sekali soalnya, dan semua butuh perhatian yang sama. 

Segini saja suratku malam ini untuk Bapak. Aku rasa terlalu banyak tulisan untuk Bapak sampai hari ini. Aku yakin juga Bapak tidak akan baca tulisan macam ini. Aku hanya inginkan Bapak sehat dan selalu semangat menghadapi semua cobaan yang ada kedepannya. 

Aku doakan semoga Bapak diberi kekuatan untuk tetap berada pada jalur yang benar, pada keberanian yang sesuai untuk kesejahteraan rakyat, dan pada kerja keras yang ikhlas. Dan ini sudah hari ke 100 Pak, kalau kata kami anak anak UI : Bapak harus bangun. #JokowiBANGUN

Jangan lupa makan dan minum vitamin ya Pak. 
Semoga Bapak bisa blusukan ke Bekasi suatu hari nanti. 
Serahkan semua pada Allah karena tempat mengadu dan memohon petunjuk terbaik hanyalah Dia. 

Bekasi, 28 Januari 2015
Aisyah.

Tetaplah tersenyum Pak. Asal jangan hanya senyum senyum saja. (sumber : http://www.themalaysianinsider.com/business/article/indonesian-shares-rise-after-jokowi-wins-presidential-election1)



 

Comments

Popular posts from this blog

Sebuah Pilihan.

“Berbahagia dan berusaha bahagiakan orang lain.” Motto hidup sederhana inilah yang membuat saya berani mendaftarkan diri ke IME 2012. Sederhana saja. Awalnya, saya hanya ingin mencari kebahagiaan saya sendiri dengan berorganisasi, mencari banyak pengalaman serta teman, dan membahagiakan orang lain (teman-teman sesama mahasiswa) dengan ikut IME sebagai organisasi yang mewadahi kegiatan mereka semua. Tapi mengapa saya memilih membahagiakan orang lain melalui bidang PSDM?  Kata orang kebanyakan, PSDM adalah bidangnya orang-orang yang mau berpikir dan mau susah-susah untuk mengurusi orang lain. Dan saya juga tidak dapat memungkiri itu karena bidang inilah yang mau repot-repot mengurusi dan membimbing saya dan 117 teman saya saat masa bimbingan dulu. Ah kerajinan sekali, begitu pikir saya dulu.    Tapi saat masa adaptasi dunia kampus dulu, saya dibuat semakin menyadari bahwa mahasiswa adalah segerombolan manusia yang punya banyak kelebihan di dalam dirinya yang bisa membaw

Aku cinta padamu, Indonesia

Indonesia, sebuah negeri dengan segala keelokan dan pesona. Negeri di tenggara Asia   yang patut dipertanyakan: seberapa besar cinta rakyatnya kepadanya? Aku mungkin hanyalah seorang biasa, tapi aku akan mencoba menggambarkan seberapa besar cintaku kepada negeri ini melalui rangkaian kata sederhana ini. Atau mungkin, aku akan mencoba membuat kalian tahu bagaimana caraku mencintai negeri ini, mencintai baik dan buruknya. Aku terlahir di negeri ini. Aku tumbuh dan menghirup udara di negeri ini, begitu juga sekitar dua ratus juta penduduk Indonesia yang lain. Ketika aku lahir, Indonesia masih dipimpin seorang “Bapak Pembangunan” yang katanya memberikan banyak perubahan dan kemajuan, tapi juga banyak meninggalkan hutang bagi Indonesia. Tapi aku tak peduli, aku mulai merasakan cinta pada negeri ini mulai tumbuh sejak hari pertama aku melihat dunia. Inilah negeriku, tempat hidungku menghirup udara pertamanya atau tempat tangisku pertama kali pecah. Dan aku mencintainya, dengan tertah

Great People Scholarship Program Telkom 2019 -

 --continued from previous post-- Oke jadi dimulailah tahap seleksi beasiswa GPSP dari perusahanku Telkom Indonesia. Hal pertama yang bikin aku cukup gak pede dan stres adalah waktu persiapan yang super sempit. Jadi, dari tanggal rilis nota dinasnya, aku harus menyiapkan proposal studi yang akan disubmit dan dibawa dalam waktu kruang lebih 4 hari apa 3 hari yah lupa. Jadi aku inget weekend itu aku bener bener scroll2 jurusan kampus dan bikin proposal study selama dua hari Sabtu-Minggu. Hari Seninnya, aku harus berangkat ke Bandung untuk tes. Dan aku berangkat ke Bandung bareng sama bebeb Pome sahabatcuuu Step pertama : Bikin proposal Studi  Selama nyusun proposal studi aku agak terburu buru dan gatau mau nulis apa. Ini mirip mirip dengan motivation letter atau personal statement kalau kita mau apply beasiswa atau apply kampus di luar Negeri untuk S2. Bedanya di seleksi Telkom ini dia minta dua halaman dan harus menjelaskan manfaatnya buat Telkom itu apa ketika kita sudah balik dari sek