Skip to main content

Ina Gustiana | H-10 Wisuda


ceritanya buat nyemangatin ina sidang skripsi. 

"Friends do not count every steps they took together, they just know that the steps make them stronger and bigger."
 
Hari ini gue pengen bercerita tentang teman, eh bukan cuma teman, sahabat, bahkan saudara perempuan yang gue punya semasa kuliah gue sambil menghitung hari menuju wisudaan s1 kita . Namanya Ina Gustiana, biasa dipanggil Ina. Waktu itu gue pernah nulis tentang dia disini. Sekarang, gue mau bercerita tentang semuanya, yang gue ingat dan bisa gue ceritakan tentang dia disini. Spesial ditulis disini sebelum gue lupa, menjelang hari hari wisuda kami, dan sekaligus buat hadiah ulang tahun Ina yang tanggal 9 Agustus kemaren udah resmi berumur 22 tahun. 

Pertama kali kenalan sama Ina adalah lewat Facebook. Gue nyapa Ina duluan buat cari teman sebelum mulai ikut ikutan acara ppam waktu itu. Guelupa persisnya gimana chat kita waktu itu, tapi yang gue inget, Ina bales chat gue dengan jutek dan singkat. Fix banget ini pasti dia anak gaul Jakarta yang sombong, pikir gue waktu itu. Tapi ternyata pikiran itu salah besar. Ina sama sekali gak sombong, kebalikannya baik banget malahan . Pertemuan pertemuan gue selanjutnya membuat gue dan Ina semakin akrab. 

Ina selalu tergabung dalam kelompok anak anak yang selalu nyiapin pertunjukan atau penampilan angkatan. Dan Ina adalah koreografer terbaik angkatan 2011, sejak jaman kita masih nyiapin pertunjukan untuk closing winning elektro, sampai terakhir kemaren kita nari saman bareng. Semua tarian tarian yang ditampilkan angkatan gue pasti ada campur tangan Ina didalamnya. Ina selalu jadi orang yang mau membantu buat angkatan, dan selalu mau capek untuk angkatan, dan selalu gak pernah minta dipuji buat semua yang udah dia lakukan.

Gue dan Ina dulu gak sedekat sekarang, dulu kita punya geng masing masing. Tapi karena Gue selalu, entah bagaimana, sering kali terlibat beberapa kegiatan bareng sama Ina, kita pun akhirnya jadi dekat satu sama lain (cie cie cie). Gue inget waktu jaman maba dulu, gue pernah jadi salah satu orang dari 10 atau 11 orang DTE 2011 yang ikutan aksioma. Dan dari belasan orang itu, dua orangnya adalah cewek, yaitu gue dan Ina. Jadilah hari itu gue habiskan bersama Ina, melakukan kegiatan social dan kita jadi ketawa ketawa sendiri kalau inget hari itu. Kita super kerajinan jadi maba. Kita juga pernah gabung tim robot bareng, dan satu tim, dan bahkan kita pun akhirnya keluar bareng dari robot waktu itu. Semester enam pun kita bahkan KP bareng, di satu tempat KP , di divisi yang sama, dan menggabut bareng satu bulan di tempat KP . Yah begitulah, tidak direncanakan , tapi terjadi begitu saja.

Gue dan Ina jadi makin dekat semenjak di semester kedua kita jadi bph IME 2012. Ina direkrut jadi wakabid pengmas, ya karena dia emang social banget. Sedangkan gue, jadi wakabid PSDM. Berawal dari jadi bph bareng itulah, makin banyak kegiatan yang kita ikutin bareng bareng. Dan yang paling gue inget adalah REMBUK TEKNIK ! Jadi gue dan Ina jadi wakabid paling rajin yang ikutan rembuk teknik disaat banyak wakabid yang lain yang gaikutan. Dan perjalanan menuju rembuk teknik itu super jauh dan berliku dan ryan dmassiv bawa mobilnya ugal ugalan. Jadilah Ina yang duduk disamping gue sambil buka laptop karena harus isi irs waktu itu dan belum sarapan paginya, muntah. Lebih tepatnya, muntah kea rah (jendela disamping) gue. Yang akhirnya, mengenai gue juga. Baiklah. Itu kali pertama ada temen yang muntah ke gue, dan gue dengan gentle nya membantu membersihkan muntahannya Ina haha. Sweet banget kan ya persahabatan ini, gue rasa dari situlah gue dan Ina mulai bersahabat. Lol.

Ina paling gak bisa kalau telat makan, salah makan, apalagi gak makan. Ina terlalu ringkih dan kurus dan cepet sakit, makanya sebagai teman sudah menjadi kebiasaan gue dan tita (teman gue yang lainnya) untuk selalu ngingetin Ina buat makan yang bener dan jangan capek capek , soalnya Ina itu kecil kecil cabe rawit. Selalu gerak kesana kemari, kegiatannya banyak dan dia selalu dibutuhkan dibanyak tempat, makanya tenaganya harus sebanyak gerakannya. Dan Ina selalu tangguh meskipun suka sakit, dia bahkan pernah kuat banget harus PP Depok-Sunter biar bisa ngajarin adeknya yang mau UN waktu itu, keren banget menurut gue.

Ina, adalah cewek paling pintar di angkatan gue, menurut gue. Karena Ina selalu cepat menangkap pelajaran dan selalu mau nge share yang dia tau, Ina selalu jadi tutor sebaya buat gue. Ina selalu teliti kalau ngerjain apa apa, beda banget sama gue yang terlalu ceroboh. Ina sering banget bantuin gue belajar dan mengejar ketertinggalan di kelas kalau gue lagi sibuk sibuknya. Ina sama peminatannya sama gue, makanya banyak kelas kita yang bareng. Dan gue sangat bersyukur karena itu. Ina pinter tapi low profile gak kayak kebanyakan orang, makanya gue suka belajar sama Ina.

Ina adalah salah satu bph kesayangan gue, yang dari waktu kampanye kampanyean udah selalu bantuin gue, yang mana gue percaya banget sama dia waktu itu buat jadi kabid pengmas IME yang gue pimpin. Gue percaya banget untuk kasih pekerjaan ke Ina, karena Ina selalu amanah dan tepat waktu. Dia bener bener bisa diandalkan dan gue sangat terbantu, meskipun kita sahabatan kalau soal kerjaan Ina selalu professional. Terharu kalau inget jaman jaman ngurusin echa dan proker lainnya, dan harus kesana kemari, dan gue masih harus urus ini itu dan Ina masih bisa nge handle semuanya.

Gue sama Ina bahkan jadi asisten di lab yang sama, yang bikin kita makin lengket kayak perangko abis dijilat. Gue sama Ina daftar buat jadi asisten dan waktu itu kita gak percaya banget bisa keterima dua duanya. Karena kita super deket, gue udah tau kelebihan dan kekurangan Ina, begitu juga sebaliknya, gue pikir Lab gak bakal nerima kita berdua. Tapi ternyata, Lab Telkom kesayangan nerima gue dan Ina jadi asisten yang mana membuat kita menghabiskan makin banyak waktu bareng di lab. Mulai dari nonton youtube bareng, ngerjain tugas bareng, curhat curhatan sambil tidur tiduran di ruang asisten, dan ngebawelin asisten lainnya.

Gue pernah nulis di blog kalau Ina adalah PELAWAK ! dan soal yang satu ini, gue gak mau komentar banyak. Ina selalu dan akan selalu melawak di setiap kesempatan, kadang lucu banget , kadang garing banget, kadang sampai lelah menanggapinya haha. Tapi gue selalu senang karena Ina selalu bisa bikin kumpul kumpul apapun jadi seru. Ina adalah manajer tim futsal putri elektro, merangkap striker cerdas andalan tim. Dan di tim itu juga gue bermain. Seperti yang gue bilang, latihan futsal pun bisa jadi sangat seru kalau ada Ina dan Tita (sahabat gue yang lain, yang mana sebetulnya kita lebih klop kalau bertiga, duh ternyata susah ya nyeritain Ina gak nyeritain si tita ini, sabar ya ta nanti gue bikin yang buat lo juga kok hehe). Mereka selalu bisa jadi biang lucu dan penghidup suasana latihan.

Persahabatan gue dan Ina gak selalu adem ayem. Kita juga dulu pernah berantem, sekali yang paling parah, yang gue inget. Waktu itu ada kesalah pahaman, padahal niatnya mau senang senang malah jadi runyam. Ina marah sama gue, terus pulang. Gue sedih terus minta maaf, lewat message facebook, waktu itu masih jaman kayaknya. Disitu kita maaf maafan akhirnya karena cuma salah paham. Gue sedih banget kalau inget kita pernah berantem kayak gitu, maafin gue ya naaa… Ina, tetap seperti Ina, dia maafin gue dan kita malah jadi makin deket abis berantem alay itu haha.

Gue pernah mengalami masa masa sulit dalam kuliah, dan ya Ina ada untuk mendengarkan keluhan gue tangisan gue, dan mengomeli gue karena gue cengeng. Ina pernah mengalami masa masa marah dan emosional, dan ya gue ada disitu, menenangkan Ina. Gue sama Ina bahkan pernah curhat sampai nangis nangisan, ngebahas keluarga kuliah hidup dan semuanya,  gue lupa di kosan Ina apa di kosan gue waktu itu. Mulai hari hari itu, gue bisa cerita semuanya ke Ina. Ina selalu ngedengerin, walau kadang kadang suka dilawakin dan malah diledekin guenya kalau lagi cerita haha.

Ina baik banget, baiiiiiiikk bangeeet. Meskipun kadang Ina suka ngomel, suka galak dan kalau marah serem banget, tapi Ina setia kawan dan gak pernah mau temennya keliatan jelek. Dia selalu mau ngasih tau yang baik dan selalu sayang sama orang yang dia suka. Ina selalu suka hal hal romantic dan selalu suka kalau orang ngomong apa adanya. Gue sering banget berdebat ini itu sama Ina, kalau ngomong bisa sampe sama sama emosi kalau sama Ina, tapi kita gak pernah berantem lagi.  Gue malah seneng debat sama Ina karena ujung ujungnya pasti ada konklusi solusi dan kebaikan.

"Being a friend for someone is a miracle. people want it but they cant buy it, they just make it happened naturally. And I love the way we made it !"
 
Hem apa yah, gue kayaknya udah nulis banyak tapi masih banyak yang mau diceritain soal Ina. Tapi biarlah yang lain lainnya menjadi memori di otak gue aja, gak perlu gue share disini hehe. Gue Cuma mau berterima kasih sama Ina yang udah menjadi sahabat baik gue, saudara perempuan gue, guru gue, dan pendengar setia gue selama ini. Terima kasih buat semua kebaikan yang pernah lo lakukan ke gue, buat semua ocehan gue yang lo dengerin, buat semua keluhan gue yang membosankan yang selau didengerin, buat semua jalan jalan yang pernah kita lalui, buat semua latihan futsal kita, buat semua obrolan santai kita di ruang asisten, buat semua cerita lo tentang hal romantic yang kadang bikin gue ngiri, buat semua doa doa lo ke gue di setiap ulang tahun gue, buat aksioma barengnya, buat echa yang super nyenenginnya, buat semua proker pengmas dan bp bp pengmas yang lucu, buat semua ilmu yang lo bagi, buat semua warna kerudung kita yang sering banget samaan, buat semua semangat yang lo kasih, buat semua semuanya semuaaanyaaa yang banyak banget kalau disebutin selama empat tahun terakhir ini. Tanpa seorang Ina Gustiana, Aisyah mah cuma mahasiswa telekomunikasi semester tujuh yang gak bakalan bisa ngerjain proyek coding haha. 

Maafin gue kalau gue banyak salah sama lo ya, Na..

Wisuda bukan akhir segalanya. Gue akan tetap jadi sahabat lo, lo akan tetap jadi sahabat gue, tetap jadi teman curhat teman jalan teman ngomongin orang (astaghfirullah).  Dan kita bakalan sahabatan sampai lo menikah dengan jodoh lo yang semoga adalah orang yang sekarang lagi deket sama lo, sampai lo jadi wanita karir dan ibu rumah tangga yang sukses, sampai lo jadi Ina Gustiana yang lo mimpikan dan cita citakan, sampai selama lama nya…

p.s. maaf ya na kalau tulisannya gak romantis atau unyu unyu, ternyata susah bikin yang sweet mengenai kita berdua ahahahaha.

Sahabat yang selalu sayang sama Ina, 
pada H-10 wisuda kita,
Aisyah.  

Buka puasa bersama abis pulang kerja ceritanya (entah buka puasa bersama keberapa kita hahaha)

ice skatiiiing


ini waktu Ina sakit, makan yang banyak naaa..



Comments

Post a Comment

speak out time

Popular posts from this blog

Sebuah Pilihan.

“Berbahagia dan berusaha bahagiakan orang lain.” Motto hidup sederhana inilah yang membuat saya berani mendaftarkan diri ke IME 2012. Sederhana saja. Awalnya, saya hanya ingin mencari kebahagiaan saya sendiri dengan berorganisasi, mencari banyak pengalaman serta teman, dan membahagiakan orang lain (teman-teman sesama mahasiswa) dengan ikut IME sebagai organisasi yang mewadahi kegiatan mereka semua. Tapi mengapa saya memilih membahagiakan orang lain melalui bidang PSDM?  Kata orang kebanyakan, PSDM adalah bidangnya orang-orang yang mau berpikir dan mau susah-susah untuk mengurusi orang lain. Dan saya juga tidak dapat memungkiri itu karena bidang inilah yang mau repot-repot mengurusi dan membimbing saya dan 117 teman saya saat masa bimbingan dulu. Ah kerajinan sekali, begitu pikir saya dulu.    Tapi saat masa adaptasi dunia kampus dulu, saya dibuat semakin menyadari bahwa mahasiswa adalah segerombolan manusia yang punya banyak kelebihan di dalam dirinya yang bisa membaw

Aku cinta padamu, Indonesia

Indonesia, sebuah negeri dengan segala keelokan dan pesona. Negeri di tenggara Asia   yang patut dipertanyakan: seberapa besar cinta rakyatnya kepadanya? Aku mungkin hanyalah seorang biasa, tapi aku akan mencoba menggambarkan seberapa besar cintaku kepada negeri ini melalui rangkaian kata sederhana ini. Atau mungkin, aku akan mencoba membuat kalian tahu bagaimana caraku mencintai negeri ini, mencintai baik dan buruknya. Aku terlahir di negeri ini. Aku tumbuh dan menghirup udara di negeri ini, begitu juga sekitar dua ratus juta penduduk Indonesia yang lain. Ketika aku lahir, Indonesia masih dipimpin seorang “Bapak Pembangunan” yang katanya memberikan banyak perubahan dan kemajuan, tapi juga banyak meninggalkan hutang bagi Indonesia. Tapi aku tak peduli, aku mulai merasakan cinta pada negeri ini mulai tumbuh sejak hari pertama aku melihat dunia. Inilah negeriku, tempat hidungku menghirup udara pertamanya atau tempat tangisku pertama kali pecah. Dan aku mencintainya, dengan tertah

Great People Scholarship Program Telkom 2019 -

 --continued from previous post-- Oke jadi dimulailah tahap seleksi beasiswa GPSP dari perusahanku Telkom Indonesia. Hal pertama yang bikin aku cukup gak pede dan stres adalah waktu persiapan yang super sempit. Jadi, dari tanggal rilis nota dinasnya, aku harus menyiapkan proposal studi yang akan disubmit dan dibawa dalam waktu kruang lebih 4 hari apa 3 hari yah lupa. Jadi aku inget weekend itu aku bener bener scroll2 jurusan kampus dan bikin proposal study selama dua hari Sabtu-Minggu. Hari Seninnya, aku harus berangkat ke Bandung untuk tes. Dan aku berangkat ke Bandung bareng sama bebeb Pome sahabatcuuu Step pertama : Bikin proposal Studi  Selama nyusun proposal studi aku agak terburu buru dan gatau mau nulis apa. Ini mirip mirip dengan motivation letter atau personal statement kalau kita mau apply beasiswa atau apply kampus di luar Negeri untuk S2. Bedanya di seleksi Telkom ini dia minta dua halaman dan harus menjelaskan manfaatnya buat Telkom itu apa ketika kita sudah balik dari sek