Skip to main content

What a Life !



Hai gengs,


Are all your bags already packed ? are you ready to leave ? i know, deep inside your heart, it’s not yet. 

Gue menulis post ini diperuntukkan beberapa orang teman gue yang beberapa hari ini mulai berterbangan ke luar pulau Jawa untuk mengemban tugas Negara, yaitu menjadi pegawa BUMN yang siap ditempatkan di seluruh wilayah Indonesia. 

Gue emang belum pernah merantau sampai keluar pulau Jawa untuk bekerja, jadi gue sebetulnya gak bisa bilang kalau ini gak berat, kalau semua akan baik baik saja. Tapi gue Cuma mau sedikit menghibur dan memberikan fakta-fakta mengenai kalian, yang ditugaskan ke daerah daerah tertinggal atau daerah daerah di Kalimantan, Sulawesi, Nusa Tenggara, Maluku, dan bahkan Papua. 

Pertama. Kalian adalah orang orang terpilih, punggawa terbaik bangsa Indonesia, yang akan memajukan Negeri ini dengan memeberikan aliran listrik di daerah terluar Indonesia atau menghubungkan daerah daerah yang jauh dari Ibukota ini dengan fiber optik. Kalian akan menjadi satu dari sedikit orang yang berjasa meningkatkan dan menyamakan pencapaian daerah-daerah diluar Jawa agar sesuai dengan kemewahan yang kita dapat di Jawa. Dan untuk hal ini, you have to thank God for this.

Kedua. Terlepas dari masalah membangun bangsa, membangun daerah tertinggal, dan lain sebagainya, kalian adalah orang yang sangat beruntung karena kalian akan menjadi satu dari sedikit orang Indonesia yang mengenal alam bangsany sendiri. Alam Indonesia adalah surga, dan surga tersebut banyak terhampar di Kalimantan, Nusa Tenggara, Sulawesi, dan aih Papua. Kalian akan melihat banyak keindahan alam, yang mungkin kalau kita di Jawa mau kesana, butuh uang yang sangat banyak. Kalian ibaratnya, jalan jalan disponsori Negara. Ini yang kadang bikin gue ngiri, karena gue mungkin harus nabung berbulan bulan atau bertahun tahun untuk sampe ke Kalimantan atau Sulawesi, atau Papua. Tapi kalian, gratis ! Jadi, bersyukurlah kalian dan jangan sia siakan waktu kalian dengan hanya bekerja disana, eksplorlah alam disana, go travelling !

Ketiga. Karir yang gemilang akan mengikuti kalian. Banyak yang bilang, berkari di BUMN gak bisa kalau Cuma di Jakarta saja. Kita harus keluar dari Jakarta, dari pulau Jawa, kalau kita mau meniti karir dengan cepat. Hal ini dikarenakan kalau di Jakarta, persaingan sangat ketat dan banyak yang stay di jenjang karir yang itu itu aja. Jadi, bersyukurlah sekali lagi kalian yang ditempatin ke luar Jawa di awal karir ini. Go get your career fast !

Keempat. Keluarga akan semakin sayang sama kalian, yes of course! Banyak yang akan kangen sama kalian, banyak yang akan semakin merindukan kalian, mendokan kalian, dan mengingat kalian. Tinggal jauh sama keluarga akan jadi momen yang sangat tidak kita sukai, tapi akan jadi hal yang menyenangkan juga. Banyak yang akan terus mendoakan kalian. Dan kalian akan selalu diingat, karena jauh. Dan dengan jarak, rasa sayang biasanya akan bertambah. Gue mengalami ini sendiri, somehow. you'll be loved more, missed more :")

Kelima. Kalian akan belajar lebih banyak hal ! So many things are waiting for you ! Dengan tinggal di daerah baru, merantau, kalian akan belajar banyak hal, kalian kan lebih kuat, lebih tahan banting, dan lebih dewasa. Pengalaman kalian akan lebih banyak dari kita kita yang Cuma stay di Jakarta aja. Kalian akan lebih memahami kehidupan dan lebih menghargai kehidupan. Kalian akan jauh lebih ‘hidup’. more alive !

Terakhir, yang mungkin bisa gue tulis. Gue emang belum pernah tau gimana sedihnya atau khawatirnya atau deg degannya ditempatin di luar Jawa yang jauh dari keluarga, tapi gue Cuma pengen kalian tau, dimanapun kalian berada, itu adalah penempatan terbaik yang diberikan Tuhan buat kalian. Dimanapun kalian berada, kalian pasti akan selalu bersinar, seperti kalian selama ini. Gue Cuma pengen kalian tahu, dimanapun kalian berada, kita akan tetap sering ngobrol, sering bercanda, sering bercerita satu sama lain, dan gue akan tetap sayang dan mendoakan kalian. Kalian adalah yang terbaik dan yang terpilih. Tuhan gak akan ngasih ujian melampaui batasan kita. Jadi, jangan takut kawan kawan, sesudah kesulitan pasti ada kemudahan, percayalah. 

Jadi, buat Thariq yang akan ke NTT, buat Ken yang akan ke Sumatra Barat, buat Ebi yang akan ke Kalimantan Timur, buat Ajeng yang akan ke Balikpapan, buat Sayid di Serang, dan buat semua teman teman OS 2 yang akan ke Divre 6 dan Divre 7, Tuhan tahu bahwa kalianlah yang terbaik dan yang terpilih diantara kita semua. Tetaplah berbahagia dimanapun kalian berada. Jangan lupa jalan jalan !

Lots of love,
Aisyah

Comments

Popular posts from this blog

Sebuah Pilihan.

“Berbahagia dan berusaha bahagiakan orang lain.” Motto hidup sederhana inilah yang membuat saya berani mendaftarkan diri ke IME 2012. Sederhana saja. Awalnya, saya hanya ingin mencari kebahagiaan saya sendiri dengan berorganisasi, mencari banyak pengalaman serta teman, dan membahagiakan orang lain (teman-teman sesama mahasiswa) dengan ikut IME sebagai organisasi yang mewadahi kegiatan mereka semua. Tapi mengapa saya memilih membahagiakan orang lain melalui bidang PSDM?  Kata orang kebanyakan, PSDM adalah bidangnya orang-orang yang mau berpikir dan mau susah-susah untuk mengurusi orang lain. Dan saya juga tidak dapat memungkiri itu karena bidang inilah yang mau repot-repot mengurusi dan membimbing saya dan 117 teman saya saat masa bimbingan dulu. Ah kerajinan sekali, begitu pikir saya dulu.    Tapi saat masa adaptasi dunia kampus dulu, saya dibuat semakin menyadari bahwa mahasiswa adalah segerombolan manusia yang punya banyak kelebihan di dalam dirinya yang bisa membaw

Aku cinta padamu, Indonesia

Indonesia, sebuah negeri dengan segala keelokan dan pesona. Negeri di tenggara Asia   yang patut dipertanyakan: seberapa besar cinta rakyatnya kepadanya? Aku mungkin hanyalah seorang biasa, tapi aku akan mencoba menggambarkan seberapa besar cintaku kepada negeri ini melalui rangkaian kata sederhana ini. Atau mungkin, aku akan mencoba membuat kalian tahu bagaimana caraku mencintai negeri ini, mencintai baik dan buruknya. Aku terlahir di negeri ini. Aku tumbuh dan menghirup udara di negeri ini, begitu juga sekitar dua ratus juta penduduk Indonesia yang lain. Ketika aku lahir, Indonesia masih dipimpin seorang “Bapak Pembangunan” yang katanya memberikan banyak perubahan dan kemajuan, tapi juga banyak meninggalkan hutang bagi Indonesia. Tapi aku tak peduli, aku mulai merasakan cinta pada negeri ini mulai tumbuh sejak hari pertama aku melihat dunia. Inilah negeriku, tempat hidungku menghirup udara pertamanya atau tempat tangisku pertama kali pecah. Dan aku mencintainya, dengan tertah

Great People Scholarship Program Telkom 2019 -

 --continued from previous post-- Oke jadi dimulailah tahap seleksi beasiswa GPSP dari perusahanku Telkom Indonesia. Hal pertama yang bikin aku cukup gak pede dan stres adalah waktu persiapan yang super sempit. Jadi, dari tanggal rilis nota dinasnya, aku harus menyiapkan proposal studi yang akan disubmit dan dibawa dalam waktu kruang lebih 4 hari apa 3 hari yah lupa. Jadi aku inget weekend itu aku bener bener scroll2 jurusan kampus dan bikin proposal study selama dua hari Sabtu-Minggu. Hari Seninnya, aku harus berangkat ke Bandung untuk tes. Dan aku berangkat ke Bandung bareng sama bebeb Pome sahabatcuuu Step pertama : Bikin proposal Studi  Selama nyusun proposal studi aku agak terburu buru dan gatau mau nulis apa. Ini mirip mirip dengan motivation letter atau personal statement kalau kita mau apply beasiswa atau apply kampus di luar Negeri untuk S2. Bedanya di seleksi Telkom ini dia minta dua halaman dan harus menjelaskan manfaatnya buat Telkom itu apa ketika kita sudah balik dari sek